Cara Keyword Planner, Guna Mengoptimalkan Adsense dan Riset Keyword

Posted on Aug 13, 2013

Dalam artikel ini, saya akan mengungkap seluk beluk salah satu alat yang dikeluarkan oleh google sebagai media untuk mengoptimalkan pendapatan adsense dan membantu anda untuk melakukan riset keyword dengan baik dan benar. Alat yang digunakan untuk mengoptimalkan pendapatan adsense dan membantu untuk melakukan riset keyword yang terbaru adalah Google keyword planner. Tool keyword planner ini baru muncul pada tahun 2013. Berfungsi sebagai media pengganti tool sebelumnya yaitu Google keyword Tool. 

Banyak sekali perubahan dan penambahan fitur yang ada dalam Keyword Planner dibandingkan dengan fitur Keyword tool. Google memang sengaja membuat fitur Keyword Planner agar lebih memudahkan pengguna dalam mengoptimalkan adsense dan melakukan riset keyword daripada menggunakan Google Keyword Tool. Untuk itu, mari kita bersama membahas secara gamblang ada apa saja dalam fitur tersebut. 

Cara Menggunakan Google Keyword Planner


Sebelum saya menjelaskan cara menggunakan Keyword Planner, ada 3 bagian penting yang akan saya jelaskan dengan runtut.
  1. Pertama, cara menggunakan Keyword Planner;
  2. Kedua, cara menggunakan keyword planner untuk optimamalisasi google adsense;
  3. Terakhir, cara menggunakan keyword planner untuk riset keyword.

Cara Menggunakan Keyword Planner


Tool ini akan memaparkan hasil yang lebih baik, lebih akurat, lebih detail, lebih banyak dibandingkan dengan Keyword Tool. Oleh karena itu, pilihan dan fitur yang beragam akan membuat anda lebih bingung…. Mari kita jelaskan bersama-sama
  1. Yang harus dilakukan pertama kali adalah login ke akun google anda dengan membuka link ini: https://adwords.google.com
  2. Dalam bagian menubarnya, anda klik Tools and Analysis > Keyword Planner.
Keyword Planner Netfori
     
     3. Bagian bawah menubar terlihat kolom Enter a bid dan Enter daily budget, kolom ini                     dibiarkan terlibih dahulu. Cari tulisan “Search for Keywords” klik > muncul kotak dialog             baru.
    4. Dalam Modify search, ada 3 piihan (masing-masing pilihan akan dijelaskan pada bagian nomor 5). 
Modify Search-Keyword Planner Netfori

  • Pilih “Search for Keyword and ad group ideas
  • Masukkan kata kunci sesuai keinginan kita dalam kolom “Your product or services
  • Kolom “your landing page” dibiarkan kosong.
  • Kolom “your product category” dapat diisi dengan kategori kata kunci yang sesuai. Kolom ini dapat dibiarkan kosong.
  • Klik “Get ideas”
     5. Muncul “ad group ideas” dan “Keyword ideas”. Hasil yang berkaitan dengan kata kunci yang kita masukkan tadi telah muncul.

Note:
  • Search for keyword and ad group ideas: berfungsi untuk mencari kata kunci yang sesuai dan kata kunci yang berkaitan.
  • Enter or uploud keywords to see how they perform: berfungsi untuk mencari kata kunci dengan bantuan special karakter seperti “; [; dan ]. Kita dapat memasukkan kata kunci dengan format seperti “Seo”, [seo], atau seo.
  • Multiply keyword lists: berfungsi untuk memasukkan lebih dari satu kata kunci dengan cara menggunakan pemisah karakter koma.

Cara menggunakan keyword planner untuk optimamalisasi google adsense


Banyak sekali cara yang kita lakukan guna menaikkan pendapatan dari google adsense. Optimalisasi dari segala bidang kita lakukan. Terlebih dengan menggunakan keyword planner ini. Dalam goole keyword planner, terdapat “average cpc” yang menunjukkan harga dari keyword yang kita inginkan. Penjelasan cara mengoptimalkan pendapatan adsense dengan keyword planner sebagai berikut.
  1. Lakukan “cara menggunakan keyword planner” di atas sebelum menggunakan cara ini.
  2. Misal, kita ingin menembak keyword “search engine optimization”, setelah melakukan pencarian klik bagian “keyword ideas”.
  3. Muncul tabel yang menunjukkan “average cpc”. Hingga artikel ini ditulis, average cpc yang diperoleh dengan keyword search engine optimization sebesar Rp119.008,39,- Nilai yang sangat besar bagi orang Indonesia.
Keyword Planner Interface Netfori

     4. Untuk meningkatkan dan mengoptimalkan keyword yang ingin kita tembak, dapat melakukan        penyetingan pada kolom “customize your search”. Ada 3 bagian yang dapat kita seting lanjutan        yaitu:
Customize your search-keywordplanner netfori

  • Keyword filters. Bagian ini dapat memaksimalkan pendapatan adsense dengan cara:
Klik “Keyword filters” > Dalam kolom “average cpc”, masukkan harga yang kita inginkan. Misal 50,000; berarti hasil pencariannya hanya mencari dengan average cpc seharga Rp50,000 atau lebih dari itu. Lalu > klik “Get ideas” yang berada di samping kotak pencarian.
  • Keyword option (penjelasan ada di “cara menggunakan keyword planner untuk riset keyword”)
  • Include/Exclude
Hanya hal ini yang dapat dilakukan untuk mengoptimalkan adsense. Hal ini berbeda dengan untuk melakukan riset keyword. Dalam melakukan riset keyword dengan menggunakan keyword planner lebih komplek, karena banyak fitur-fitur tambahan dan lebih beragam yang disediakan.

Cara menggunakan Keyword Planner untuk riset keywords


Selain sebagai sarana meningkatkan pendapatan dari adsense, tool Keyword Planner menyediakan fasilitas yang luar biasa jika ada seseorang yang ingin melakukan riset keyword. Beragam fitur yang ada memperbaiki fitur sebelumnya yaitu google keyword tool. Dapat kita simpulkan bahwa Keyword Planner adalah versi Alpha yang sempurna. Penulis akan berusaha mengungkapkan secara mendetail agar hasil riset keyword yang kita lakukan sesuai dengan target kita. Berikut langkah-langkahnya
  1. Lakukan “cara menggunakan keyword planner” di atas sebelum menggunakan cara ini.
  2. Misal, kita ingin menembak keyword “search engine optimization”, setelah melakukan pencarian klik bagian “keyword ideas”.
  3. Pada bagian “Targeting” anda dapat memilih:
Targeting-Keyword Planner Netfori

    1. Negara mana yang akan anda targetkan. Pemilihan ini dapat lebih dari satu Negara, missal kita memilih United State dan Indonesia.
    2. Negara mana yang akan anda targetkan. Pemilihan ini dapat lebih dari satu Negara, missal kita memilih United State dan Indonesia.
    3. Google. Bagian ini berfungsi untuk memilih mesin pencari mana yang ingin digunakan.
    4. Negative keywords. Bagian ini berfungsi untuk menyaring kata kunci tertentu yang tidak akan ditampilkan dalam hasil riset.
  1. Pada bagian “Customize your search” anda dapat menyetting:
    1. Keyword options. Bagian ini berfungsi menyaring beberapa hasil riset. Ada 3 bagian yang dapat diatur. Yaitu:
      1. Show adult ideas
      2. Show keywords in my account
      3. Show keywords in my plan
    2. Include/Exclude. Bagian ini dapat diisi dengan kata kunci lainnya yang berkaitan.
Demikian penjelasan mengenai google keyword planner. Cara di atas memang terlihat rumit apalagi jika tidak dipraktekkan. Semoga artikel yang saya buat dapat membantu anda untuk memudahkan dalam menggunakan google keyword planner. Jika masih ada pertanyaan atau sesuatu yang mengganjal dan tidak tahu, jangan sungkan untuk bertanya. Insyaallah akan saya balas dengan jawaban yang memuaskan. Saya dan keluarga besar mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1434 H. Mohon maaf lahir dan batin. Semoga amal ibadah selama bulan ramadhan yang lalu diterima dan segala dosa dihapuskan oleh Allah SWT (walaupun sudah agak telat gak papa ya...) Terimakasih. Jangan lupa terus subscribe agar mendapatkan update artikel terbaru secara gratis!

Sumber: beberapa pengalaman yang saya kembangkan sendiri. Hehehe.

Artikel Terkait :



Bagi yang merasa artikel ini menarik, dan ingin menyebarluaskannya dimohon bagi siapa pun yang ingin mengutip diwajibkan untuk mencantumkan kode link di bawah ini. Hargailah karya cipta orang lain. Terimakasih.