Pengertian E-mail

Posted on Jul 14, 2013

Pengertian E-mail-E-Mail (Electronic Mail) adalah sebuah fasilitas komunikasi dalam Internet yang berfungsi mengirim surat secara elektronik yang dapat menjangkau ke seluruh dunia melalui jalur jaringan computer (misalnya internet).
E-mail png


E-mail merupakan salah satu kemudahan atau aplikasi yang paling banyak digunakan di internet. Hal ini karena e-mail adalah alat komunikasi yang paling murah dan cepat. Melalui e-mail Anda dapat berhubungnan dengan siapa saja yang terhubung ke internet di seluruh dunia dengan biaya relatif terjangkau. Anda juga dapat mengirim file-file seperti program, gambar, grafik, dan sebagainya, dan dapat mengirim kelebih dari satu orang sekaligus dalam satu waktu.

E-mail dapat dibedakan menjadi dua, yaitu e-mail berbasis SMTP/POP dan e-mail berbasis web. Berikut keterangan e-mail berbasis web dan e-mail berbasis SMTP/POP:
  1. E-mail Berbasis SMTP/POP
E-mail berbasis SMTP/POP (Simple Mail Transfer Protocol/Post Office Protocol) adalah e-mail yang menggunakan server SMTP/POP, yaitu komputer yang dapat mengirim e-mail dari pengguna ke alamat e-mail yang dituju dan sebaliknya. Agar dapat menggunakan fasilitas e-mail pada server SMTP/POP, pemakai harus mempunyai account di server SMTP/POP. Selain itu, pemakai juga harus menggunakan software mail client untuk membaca dan mengirim e-mail dari dan ke server SMTP/POP. Apabila server telah menyediakan layanan Telnet, maka pengguna dapat masuk ke mesin server, kemudian menjalankan software mail client pada server. Namun jika server tidak menyediakan layanan Telnet, maka pengguna harus memiliki software mail client seperti Ms Outlook, Eudora, Ms Outlook Express, Pegasus, dan Netscape Communicator. Agar dapat menggunakan software mail client, pengguna harus melakukkan setting atau pengaturan beberapa informasi, seperti nama (alamat IP) server SMTP/POP, nama user (user name/user ID), dan password pada server e-mail.

Pada server SMTP/POP, semua e-mail yang dikirim ke pengguna dan telah memiliki account di server akan disimpan dalam sebuah direktori. Kemudian, saat pengguna menghubungi server, semua e-mail yang ditujukan kepadanya akan dikirim ke komputer client. Sebaliknya, saat pengguna ingin mengirim e-mail ke suatu alamat e-mail, maka e-mail tersebut akan dikirim ke server SMTP/POP dan selanjutnya akan diteruskan ke alamat yang dituju.
      
        2. E-mail Berbasis Web

E-mail berbasis Web berbeda dengan e-mail berbasis POP. Pada E-mail berbasis Web, pengguna tidak perlu memiliki account POP pada server SMTP/POP karena akses e-mail dilakukkan melalui Web Mail dengan menggunakan browser. Di internet, kita dapat menggunakan situs yang menyediakan layanan e-mail (webmail) gratis seperti : Yahoo (mail.yahoo.com), Google (Gmail.google.com), Hotmail (www.hotmail.com), dll.

Selain E-mail gratis, juga terdapat e-mail langganan melalui ISP (Internet Service Provider), seperti indonet.com, telkomspeedy.com, wasantara.com, elganet.com, dan lain-lain. Namun, biasanya e-mail dari ISP merupakan e-mail berbasis SMTP/POP.


Alamat E-mail


Dengan mengggunakan layanan e-mail gratis, kita akan mendapatkan alamat e-mail. Alamat e-mail dapat diibaratkan sebagai sebuah nomor telepon atau alamat suatu rumah. Alamat e-mail sudah tentu unique atau dengan kata lain tidak ada alamat e-mail yang sama. Berikut penjelasan tentang contoh alamat e-mail yang ada:

Contoh: username@yogya.ppdb.gov.id

Keterangan: 

  • username: nama kotak surat atau nama pengguna yang ingin dituju dalam mail server.
  • yogya.ppdb.gov.id: nama mail server tempat pengguna yang ingin dituju, dengan rinciannya:
    • yogya: subdomain (milik pemegang nama domain), biasanya merujuk ke suatu computer dalam lingkungan pemilik domain. “yogya” merupakan subdomain dari domain “ppdb”
    • ppdb: nama domain, biasanya menunjukkan nama perusahaan/ perorangan/organisasi.
    • gov: second level domail, menunjukkan domain ini termasuk kategori milik pemerintah (government/gov).
    • id: top level domain, menunjukkan bahwa domain ini terdaftar di otoritas domain Indonesia (id).

Kelebihan E-mail


  • Kenyamanan
Dengan mengirim surat melalui e-mail pasti lebih cepat. Dapat dibandingkan dengan mengirim surat melalui kantor pos. Untuk mengirim lewat kantor pos, berbagai persiapan harus dilakukan terlebih dahulu sebelum mengirim suratnya. Sebagai contoh harus menyiapkan amplop, perangko, lem dan sebagainya. Pasti memakan waktu lama. Tidak hanya itu, dengan mengirim surat lewat e-mail biaya yang dibutuhkan lebih sedikit. Pengeluaran uang untuk tarif prangko dan kantor pos bila mengirim lewat e-mail sudah tidak diperlukan. Kelebihan lain yang ditawarkan adalah dapat mengirim banyak surat ke alamat tujuan yang berbeda-beda sekaligus dalam waktu yang sama.
  • Menyeluruh/Global
Email bisa digunakan oleh siapa saja, di mana saja, dan kapan saja sebagai sarana komunikasi di seluruh penjuru dunia. Kita bisa menyimpan e-mail di server yang tidak akan hilang kecuali dihapus. Pesan multimedia Pesan yang dikirim tidak hanya sekedar teks (tulisan) saja. Isi e-mail dapat berupa gambar, foto, video, program, bahkan suara.



Kelemahan E-mail


  • Terkirim ke Alamat yang Salah
Bila sebuah e-mail yang berisi dokumen-dokumen penting salah alamat, maka ada kemungkinan dokumen tersebut disalahgunakan. Sedangkan alamat e-mail harus sesuai dengan kaidah penulisan yang telah saya sampaikan di atas.
  • Rawan Penyadapan
Tidak tertutup kemungkinan e-mail kita disadap orang lain. Pada saat kita mengirim e-mail, sebenarnya e-mail melewati banyak server-server lainnya. Maka dari itu, bila e-mail mengandung isi yang sensitive atau rahasia sebaiknya kita melakukan tindakan pencegahan dengan mengacak (enkrip) data dalam e-mail tersebut.
  • E-mail Spam dan Pemalsuan Identitas
Terkadang banyak e-mail masuk datang bertubi-tubi, padahal e-mail tersebut sama sekali tidak kita inginkan, hal ini yang disebut e-mail spam (sampah e-mail). Contoh e-mail spam adalah e-mail yang berisi tentang iklan suatu produk, pemerasan, dan penipuan. Semua pengguna e-mail pasti tidak menginginkan hal tersebut.

Membuat e-mail memang mudah. Tetapi karena sebab itulah, terkadang ada oknum yang sengaja memalsukan identitasnya. Kita tidak bisa memastikan identitas seseorang hanya dengan mengetahui alamat e-mail yang dimilikinya.

Sumber:
bramastaaditya.blogspot.com
Tim penyusun. 2008. Buku Ajar Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas VIII SMP Sekolah Bertaraf Internasional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Pembinaan Sekolah menengah Pertama.

Artikel Terkait :



Bagi yang merasa artikel ini menarik, dan ingin menyebarluaskannya dimohon bagi siapa pun yang ingin mengutip diwajibkan untuk mencantumkan kode link di bawah ini. Hargailah karya cipta orang lain. Terimakasih.