Cara Mengetahui Jumlah Subscribers Blog/Web Orang Lain

Posted on Jun 15, 2013

Cara mengetahui jumlah subscribers web/blog orang lain-Kita semua tahu kekuatan dari RSS (Rich Site Summary/Really Simple Syndication) Feed. RSS Feed berfungsi untuk mengirimkan artikel terbaru dari blog melalui email. Untuk berlangganan, pengunjung harus memasukkan emailnya di form yang sudah disediakan. Contahnya kotak warna biru di paling bawah postingan ini. Itu adalah kotak untuk berlangganan artikel dari Blog Netfori. Setelah memasukkan alamat email dan mengkonfirmasinya, maka RSS Feed akan menjalankan fungsinya sebagai pengantar artikel ke email tujuan.

Feedburner Blog Netfori

Begitu pentingnya RSS Feed, maka hampir semua web/blog harus memilikinya.  
  • Bagi para blogger dan admin web, semakin banyak jumlah subscribers semakin banyak pula yang akan membaca artikel blog kita secara konsisten. RSS subscribers akan mengirimkan artikel terbaru dari sang pemilik web tanpa memedulikan sang subscribers akan membacanya atau tidak. Jadi, interaksi itu dapat menciptakan dan memelihara hubungan dengan para pembaca/pengunjung blog. 
  • Bagi para pengunjung, jika web/blog menawarkan RSS subscription, mereka dapat berlangganan blog tersebut, dan ketika blog tersebut meng-update artikelnya maka akan mendapatkan pemberitahuan ke email mereka. Ini menguntungkan pengunjung yang ingin mengetahui update artikel terbaru tanpa harus mengunjungi web terlebih dahulu. Cukup melihat notifikasi ada artikel terbaru lewat email. 
Jumlah subscribers yang banyak juga dapat menarik perhatian para pengiklan dan sponsor blog. Semakin banyak jumlah subscribers semakin banyak pula yang akan membaca artikel terbaru blognya, ini logika sederhana. Maka dengan jumlah subscribers yang banyak akan berpengaruh positif terhadap blog atau web tersebut.

Banyak pemilik blog yang meletakkan FeedCount widget di blog mereka untuk menunjukkan jumlah subscribersnya. Tetapi apakah itu benar-benar asli? Bagaimana jika itu hanya bohongan? atau Bagaimana kita bisa percaya dengan jumlah tersebut? Itu lah beberapa pertanyaan keraguan ketika kita melihat suatu blog/web mempunyai jumlah subscribers yang sangat banyak. Mungkin mereka berbohong!

Dikarenakan beberapa masalah di atas, saya akan memebeberkan solusi jitu untuk mengetahui jumlah subscribers  blog tersebut sebenarnya. Maka bagi siapapun yang ingin mengetahui jumlah asli subscibers (jumlah pelanggan) suatu blog atau web dapat mengikuti beberapa cara yang sangat mantab berikut ini:

Trik #1: URL Trick


Trik ini sangat sederhana, hanya saja kita harus mengetahui nama id feedburner blog/webnya. Untuk mengetahuinya lakukan cara-cara berikut ini.
Bagi yang sudah tahu silahkan loncat ke tahap selanjutnya.
  1. Tentukan web yang ingin kita ketahui jumlah subscribersnya.
  2. Temukan widget FeedCount pada blog tersbut. Contohnya gambar berikut. Setelah itu kita klik.
  3. FeedCount Feedburner
  4. Lalu lihat url yang kita klik tadi. Contoh, http://feeds.feedburner.com/blogmashanif. Maka id tersebut adalah "blogmashanif"
Id Feedburner Blog Netfori

Jika website yang ingin kita tahu telah tersinkron dengan RSS Feed via feedburner dan juga telah menggunakan FeedCount, maka kita dapat megetahui jumlah RSS Subscribers-nya dengan cara memasukkan URL ini:
http://feeds.feedburner.com/~fc/nama-id-feedburner 
Hanya dengan memasukkan nama id feedburner setelah tulisan /~fc/ maka akan muncul jumlah subscribers-nya. Contoh punya saya, http://feeds.feedburner.com/~fc/netfori. Berikut gambarnya:
Jumlah Subscribers Blog Netfori
Gambar tersebut menunjukkan jumlah asli subscribers suatu blog dengan id yang sesuai. Ini lah data yang valid dan terpercaya.

Trik #2: Google Reader Trick


Cara di atas bekerja dengan baik bagi kebanyakan blog, tetapi bagi blog yang tidak menggunakan jasa feedburner, cara di atas tidak dapat berjalan. Maka solusinya adalah dengan menggunakan Google Reader. Berikut cara dan pembahasannya:
  1. Pertama yang dilakuka sign-in dengan akun google anda ke google reader. Klik di sini
  2. Lalu sebelah kiri ada tulisan All Items > Browse For Stuffs > Pilih Search (TAB) > Search By Keyword.
  3. Cara Google Reader

  4. Masukkan kata kunci untuk web yang ingin kita ketahui jumlah subscribers-nya. Kata kuncinya sebagai berikut: http://example.com/feeds/posts/default. Contoh punya saya, http://netfori.blogspot.com/feeds/posts/default. Berikut gambarnya:
  5. Google Reader Subscription

  6. Setelah itu klik enter. Maka akan muncul data jumlah subscribers.
Google Reader akan menampilkan hasil datanya. Perhitungan Feed Subscribers Count yang muncul dalam Google Reader berdasarkan Google Reader + iGoogle + Google Desktop.  Ini memang tidak dapat memberikan jumlah yang tepat tetapi paling tidak dapat memperkirakan banyaknya orang yang berlangganan.

Sekian pembahasan yang dapat saya sampaikan, mohon maaf jika terdapat kekurangan. Terimakasih ucapkan kepada Tuhan YME dan juga kepada blogmashanif, yang telah sudi berkenan menjadi contoh pembelajaran dalam artikel ini. Dapatkan artikel lainnya dengan subscibe email anda dalam kotak biru di bawah yang telah tersedia. Trik ini disarikan dari sini. Lihat juga Cara Membuat Gallery Gambar dengan Efek Keren Accordion dan 1001 Daftar Situs Social Bookmark Pagerank Tinggi 2013Terimakasih.

Artikel Terkait :



Bagi yang merasa artikel ini menarik, dan ingin menyebarluaskannya dimohon bagi siapa pun yang ingin mengutip diwajibkan untuk mencantumkan kode link di bawah ini. Hargailah karya cipta orang lain. Terimakasih.

2 comments:

  1. This is good piece of writing and pleasant urging commented
    here, I am really enjoying by these.

    ReplyDelete
  2. It's gonna be working if you do that in the past

    Btw thanks

    ReplyDelete