Cerita Pencerah Hati (Part 1)

Posted on Dec 31, 2012

Cerita Pencerah Hati -Blog Netfori
Assalamu'alaikum wr. wb.
Halo sobat, apa kabarnya? Baikkan? Wah kayaknya saya jarang update nih.Ya udah kali ini saya akan share yang kiranya dapat bermanfaat untuk kita semua. Dan pastinya refleksi AKHIR TAHUN.

Beberapa kisah yang dapat menghibur atau paling tidak memberikan udara segar bagi keimanan kita selaku sesama muslim (wuih kata2nya dalem banget, hehehe). Semoga kisah atau pun peringatan di bawah dapat dijadikan pelajaran. Ya udah langsung saja ya...

Dua Kata Agung
Iman Ahmad pernah berkata, "Ada dua perkataan yang memberikan banyak manfaat kepadaku saat aku ada dalam ujian."
      Cerita Pencerah Hati -Blog Netfori
Pertama, perkataaan seorang yang dihukum karena minum minuman keras. Orang itu berkata kepadaku, "Wahai Ahmad, KUATKANLAH hatimu, engkau dicambuk karena engkau MEMBELA SUNAH, sedangkan aku dicambuk karena aku minum-minuman keras. Tapi aku SABAR (menerimanya)."

Kedua, perkataan seorang Arab Badui kepada Imam Ahmad-saat Imam Ahmad dijebloskan ke dalam tahanan dan kedua tangannya dibrgol, "Ahmad, BERSABARLAH, sebab jika engkau dibunuh di sini, maka engkau akan masuk surga dari sini pula."


Hati-hati dengan Empat Hal Ini
Ada empat hal yang membuat hidup ini menjadi sulit, perasaan menjadi tertekan, dan dada menjadi sesak. 
Pertama, MENGGERUTU terhadap dan tidak menerima qadha' dan  qadar Allah. 
Kedua, melakukan KEMAKSIATAN dan tidak disertai dengan bertaubat. 
"........ maka adalah disebabkan oleh perbuatan tanganmu sendiri." (QS. As-Syura:30)
Ketiga, IRI kepada sesama,munsul perasaan senang untuk BALAS DENDAM kepada mereka, dan DENGKI atas karunia yang Allah berikan kepada mereka.
"Tidak akan merasa tenang oarang-orang yang mendengki" (Al-Hadits)
Keempat, BERPALING dari mengingat Allah.
"Dan, barangsiapa yang berpaling dari peringatanku-Ku, maka sesungguhnya baginya kehidupan yang sempit." (QS. Thaha:124)


Panggung Tentang Kerajaan Alam
Cerita Pencerah Hati -Blog Netfori
Salah satu dari sekian banyak jalan menuju kedamaian dan kebebasan berpikir adalah melihat bukti-bukti kekuasaan Allah dalam penciptaan LANGIT dan BUMI. Dengan penuh kekaguman Anda akan merasakan kenikmatan yang tiada tara saat melihat penciptaan Yang Maha Pencipta itu:

Bunga, Pepohonan, sungai, hutan belukar, perbukitan dan gunung-gunung, bumi dan langit, nalam dan siang, serta matahari dan rembulan. Saat itulah Anda akan mendapatkan kenikmatan dan kesejukan yang akan menambah keimanan, kepasrahan, dan ketundukan Anda kepada Pencipta Yang Agung. 

Maka ambillah (kejadian itu) untuk menjadi pelajaran, hai orang-orang yang mempunyai pandangan.  (QS. Al Hasyr: 2)

Salah seorang filsuf yang telah memeluk Islam pernah berkata, "Jika aku MERAGUKAN kekuasaan Allah, maka aku akan melihat `buku alam semesta` agar aku bisa membaca huruf-huruf i'jaz dan inovasi yang ada di dalamnya. Setelah itu, akan bertambahlah keimananku."

Inilah beberapa tulisan yang semoga dapat menambah keimanan kita. Setiap tulisan di atas diresapi baik-baik dan diambil intisarinya, maka pastilah akan meningkatkan keimanan. Ucapan terimakasih kepada penulis cerita pendek di atas yaitu

Dr. 'Aidh al-Qarni
pada buku: La Tahzan; Jangan Bersedih! 

Dikutip dengan beberapa perubahan seperlunya. Semoga bermanfaat.
Wassalamu'alaikum wr. wb. (jangan lupa di jawab salamnya di kotak komentar, hehe :) )

Artikel Terkait :



Bagi yang merasa artikel ini menarik, dan ingin menyebarluaskannya dimohon bagi siapa pun yang ingin mengutip diwajibkan untuk mencantumkan kode link di bawah ini. Hargailah karya cipta orang lain. Terimakasih.